Every Moment is Priceless

Hari Kamis yang biasa… Pagi yang biasa juga, grabag grubug siapin Raisha sekolah dan si Mas ke kantor. Sedikit luar biasa karena harus lebih pagi, Raisha ada class assembly hari itu. Jadi kita sampe sekolah berbarengan anak2 primary dan secondary, padahal biasanya tinggal anak reception aja yang belum masuk, jadi kosong. Mobil pun terpaksa antri masuk sekolah. Tiba-tiba mata terpaut pada MyVi item di depan. Tampaknya yang nyupir seorang perempuan. Saya sama Mas langsung ngomong bareng, “Alisya sama mamanya ya?”

Mamanya Alisya adalah pegawai Petronas yang lagi di-assigned kantornya selama 2-3 taun di Myanmar. Jadi kehadirannya hari itu bukan sesuatu yang biasa.
Kami akhirnya memastikan bahwa memang Alisya dianter mamanya waktu nurunin Raisha di pager kelas reception.
Saya balik ke mobil, siap nganterin mas ke kantor. Di tol mas ngomong, “Aku nonton aja kali yaaa?” tampak mulai ragu buat ngantor.
“Terserah Mas,” kata saya.
Semalem Mas berencana ga akan nonton class assembly-nya Raisha, soalnya di kantor lagi banyak banget kerjaan bin dikejar deadline, ditambah sorenya ga bisa ngeganti jam yang ilang krn nonton itu soalnya ada undangan dari Yopi n Dewi buat menghadiri makan2 farewell-nya.

Waktu bayar tol dia akhirnya ngomong, “Aku nyimpen tas dulu ya di kantor, izin keluar 2 jam, trus kita pergi bareng lagi nonton Raisha. Masa mamanya Alisya aja dari Myanmar bela2in minta cuti, aku cuman minta izin 2 jam aja ga bisa.”

Jadi akhirnya begitulah…, nganter Mas dulu ke kantor dan balik lagi ke sekolah Raisha.
Sampe sekolah kita parkir barengan ama Wira warna gold. Papa dan mamanya Alisya turun dari mobil. Spontan saya menyapa, “Take a leave?
“Iye lah, 3 hari. Semalam baru datang. Nak tengok Alisya,” katanya lembut dan ramah.
“Ambil cuti 3 hari sampai Rabu, nak kawankan Alisya exam, tapi exam-nya dipost-pone. Tapi dah tak boleh tukar cuti,” tambahnya lagi.
Saya menghibur, dengan gaya melayu pula kebawa ama mamanya Alisya, “Tak pe lah, exam hari Kamis, sampai Rabu masih boleh ajar Alisya, nanti Kamis-Jumat Alisya tinggal exam je, tak payah belajar lagi.”

Saat itu lah saya menyadari betapa beruntungnya saya. Kapan saja saya diperlukan Raisha, Insya Allah saya tak jauh. Dekat dan mudah digapai.
Saat itu lah saya jadi malu karena sering tidak memanfaatkan momen-momen berharga yang hanya bisa dinikmati oleh ibu2 lain dengan susah payah.
Saat mengajar Raisha ngaji, sering ga sabar kalo dia masih salah2 aja, palagi sekarang ini nih waktu udah mulai masuk belajar tajwid.
Saat ngajar Raisha maen piano, gemes ngeliat dia males2an.
Saat Raisha ga mau belajar buat spelling test karena dia ngerasa udah bisa, sering saya ga cukup tabah untuk membujuknya dan membiarkannya berjuang sendiri.
Kalo liat para ibu yang harus berjuang buat meraih momen2 bersama putra-putrinya, baru saya menyadari kalo every moment with my daughters is priceless…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *