Archive for August 2008

5 Month Old Little Adlia

1. Penampakan

2. Vaksin: Infanrix n Rotarix

3. Berat: 6,8 kg, panjang: 66 cm (ups, dah expired dong car seat-nya)

4. Baru bisa tengkurep, hore, hore… Lambat sih meski ga telat.

Today’s Slower Baby
Something you should definitely keep in mind when your compulsion to compare gets the best of you (and it will): babies today are developing later in some major gross motor skill categories than they used to. Not because they’re less naturally precocious, but because they’re spending less time on their tummies. Putting babies to sleep on their backs dramatically reduces the risk of SIDS, but it also temporarily slows motor development. With little opportunity to practice those skills babies used to practice on their tummies (such as rolling over and crawling), more babies are accomplishing these skills later.
Many are skipping the crawling stage entirely (kayak Raisha). Though this slowdown isn’t considered significant developmentally (and skipping the crawling phase is never a problem unless a baby is skipping other developmental milestone as well), parents can help their babies along by making sure they spend plenty of supervised playtime on their bellies from early ages. So remember: back to sleep, tummy to play!!
(dikutip dari What to Expect the First Year)

5. Teteh is her very best friend. Temen brantem paling seru kalo rebutan mainan, tapi juga temen cekakakan paling heboh kalo lagi kompak.

(Belated) Birthday


Perasaan waktu tuh berjalan seperti angin, tak terasa hari berganti hari, udah 2 minggu aja lewat sejak ulang taun Raisha yang ke-3. Jangankan dalam itungan hari dan minggu deng, itungan taun aja terasa baru kmaren. Rasanya baru kemaren lahir. Trus ulang taun yang pertama… masih terlihat seperti bayi dan ga ngerti apa2. Abis itu ulang taun kedua…, ga mau ulang taun karena artinya harus berhenti nenen. Tau-tau dah 3 taun aja, “Raisha mau ulang taun di sekolah!!” Heuheuheu… salah pergaulan ya Nak?? Bapak-ibu ga pernah ulang taun dirayain nak. Tapi berhubung bapak lagi niat nyenengin anaknya, ya udah deh, Raisha ulang taun di play group-nya bersama teman2 kecilnya. Lucu juga liat aktivitas anak2 di playgroup. Berhubung masih pada bocah2 banget, ya masih ga bisa diatur. Yang penting hepi2 aja deh.

Ngomongin playgroupnya, meski jauh dari sempurna, tapi cukup lah buat kami. Emang waktu masukkin Raisha ke playgroup dulu, tujuan utamanya cuman supaya di punya temen main seumuran dan ga nempel terus sama Ibu. Biar bisa ditinggal2 sekali2, biar ga salah pergaulan. Masak gaulnya sama ibu-ibu pengajian… jadinya tiap kali mo bubaran dan ibu2 mulai ngambilin plastik buat bungkus makanan yang tersisa, Raisha dulu itu terbiasa ikutan. Biasanya dia ngebungkus kue-kue yang manis terutama yang berwarna merah seperti kue lapis. Dah jago banget deh kalo urusan itu…

Alhamdulillah selama setaun ga ada yang bikin kita kuatir nitipin anak setiap hari selama 3 jam di sana. Selama 4 bulan pertama Raisha masih belom mau berbaur, nempel terus sama guru-nya. Sekarang udah bisa maen2 sama temen2nya. Udah mau beraktivitas, udah gampang dadah babay kalo ditinggal sekolah, dan udah mau ngobrol sama orang laen – ga ngumpet di belakang ibunya kalo ada yang ngajak ngomong. Bonusnya…, dia juga udah hapal alfabet, udah jago ngewarnain gambar, bisa ngitung dari 1 sampe 20 dalam bahasa Inggris (kalo bahasa Indonesia baru sampe 10), mengenal bentuk dan warna dan hal2 kecil laen yang biasa anak tk lakukan.

Oleh sebab itu, meski baru 3 taun, kita akhirnya memutuskan dia untuk mulai masuk kindergarten semester di depan ini. Biar dia ga bosen, tambah temen baru, dan makin berkembang. Ga muluk2 sih sebenernya, namanya juga anak TK, bukan pengen dia cepet bisa baca ato hal2 yang bersifat akademis lainnya, cuman supaya dia senang bermain sambil belajar aja. Makanya ga pusing-pusing juga nyari TK. Yang penting gurunya ga galak2 amat (di sini kecenderungannya guru itu galak, bahkan dari sejak TK). Trus pengennya dari awal udah mengenalkan agama Islam meski sekedar pengantar. Pilihannya 2 sih kemaren tu, IIS ato Mutiara. Tp akhirnya setelah berbagai pertimbangan, terutama karena IIS pulang jam 3, akhirnya kita milih Mutiara.

Waktu mau daftarin, syukurnya Raisha malah disuruh trial dulu 2 hari. Kalo dia OK (dan gurunya mau nerima) baru daftar. Yowes, jadilah Raisha trial sekolah di Mutiara selama 2 hari. Ternyata dia hepi sekali sampe ga mau balik ke playgroup-nya yang lama.
Jadi Insya Allah, mulai September besok, Raisha mulai masuk kindergarten…. Nah kan, bener kan, waktu itu berjalan tanpa terasa…