New Look

Raisha (teriak-teriak) : Bu, bu…
Ibu (sambil nyetrika, ga noleh) : Ya? Apa Raisha?
Raisha (towel-towel) : Bu…. Dua… Bu… Dua, kaya bebek (sambil nunjukkin balok mainan yang ada angka dua terpampang)
Ibu (menatap tak percaya) : Duh… pinter anak ibu!

Rasanya hampir-hampir tak percaya melihat anak tumbuh dan berkembang. Meski tiap detik mengakrabi anak yang baru satu-satunya, tetep aja ada hal-hal yang menakjubkan sering muncul. Ya seperti itu tadi, nunjuk2 angka 2 itu. Rasanya saya ga pernah soalnya nunjuk2in flash card nyuruh dia ngapalin angka, secara saya teh penganut Einstein never read the flashcard gitu. Ternyata dia sendiri yang perhatian belajar angka dan huruf.
Emang belakangan ini dia lagi seneng main tulis-tulis. Suka nyuruh ibu nulis, nulis kata Raisha, ibu, dan bapak. Kadang-kadang saya juga nulisin angka-angka sambil nyebutin satu-satu dari satu ampe lima. Tp selintas pintas aja. Anak kecil ternyata cepet banget belajarnya. Bisa sendiri nih bu...Belakangan saya jadi suka nanya kalo ada tulisan ibu, bapak atau raisha, saya tunjukkin ke dia. Trus nanya, bacaannya apa… Dia kayaknya udah apal tulisan itu. Kalo tulisannya ibu dia jawab IBU, kalo tulisannya bapak, dia jawab BAPA. Kalo tulisannya Raisha, dia jawab ISHA (blom bisa ngomong Raisha). Bukan karena udah tau huruf, tp karena apal aja ama tulisan, seperti dia apal gambar.
Emang anak itu ga kerasa terus membesar dan semakin pintar. Jadi inget dulu waktu baru sampe di KL, Raisha baru 14 bulan. Dapet kiriman mainan dari Oom Berthy. Mainannya tuh masuk-masukin bentuk-bentuk kayak bintang, hati, segitiga, bujursangkar, ke lubang yang sesuai. Dulu ga kebayang dia bisa main. Yang ada si maenan dipake tempat duduk. Asli kursi favorit buat nonton tivi dulu mah. Sekarang dia udah bener-bener fasih maen sendiri.

Raiya, pasta gigi-nya RaishaNgadepin Raisha harus banyak akal. Dulu waktu giginya masih dikit, Raisha suka gosok gigi. Ga susah nyuruh dia menyikat gigi. Tapi belakangan, halah hampun deh, mulutnya ditutup rapet kalo liat sikat gigi. Padahal udah dicontohin, udah diajak sikat gigi bareng2, udah dikasih nyikatin gigi ibunya, keukeuh dia sendiri mah ga mau disikatin. Karena putus asa, saya nyobain ganti bentuk sikat gigi dan makein odol, biar makin mirip sama ibu gosok giginya. Pertamanya ngajarin dia kumur, setelah bisa, baru deh beli odolnya. Syukur alhamduliLlah ga perlu ngimpor Orajel dari States sono yang harganya ampun2. Di Malaysia ada pasta gigi anak tanpa flouride dengan merk Raiya. Sejak percobaan pertama sampai sekarang, masalah baru muncul… dia ga mau berhenti sikat gigi.

Pak, mau donggg... Jgn sendiri ajaRaisha sekarang makin penuh pengertian ama ibu-bapaknya. Setelah tiga bulan ampun-ampunan susah makan, sekarang mulai ga susah lagi. Mulai duduk manis dan makan sendiri ampe dia bosen. Klo udah bosen, dicoba nyuapin juga percuma, karena dia tetep ga akan buka mulut. Dah kenyang kali.
Soalnya emang sih kalo dia lagi mau makan, ga usah disuapin juga semangat. Bahkan klo lagi niat makan, ga perlu disuruh, blom disediain juga udah minta makanan bapak.

Cakepan mana?Dulu motong kukunya harus sambil tidur. Soalnya dia ga bisa diem. Kemaren dulu iseng saya nanyain dia setelah selintas liat kukunya udah mulai panjang dan hitam, “Raisha, kukunya dipotong ya??”. Dia bilang iya sambil ngangguk2. Ternyata bener aja pas dipotong kukunya dia diem sampe acara potong kuku selesai. Setelah itu saya jadi berani nanya, “Raisha, dipotong ya poni-nya?” Dulu dia kan kalo liat gunting mendekat ke rambut langsung geleng-geleng. Anti banget potong rambut kayaknya. Kemaren dia ngangguk2 lagi. Liat deh Raisha’s new look. Jadi keliatan gemuk (padahal engga).

Hal baru lainnya, sekarang Raisha berenang ga pake ban di perut lagi, tp di tangan. Awalnya kita emang udah mo nyari pelampung jenis lain mengingat ban lama-nya dia udah ga masuk spek secara berat badan udah naek jadi 11 kilo. Kebetulan liat neng Mimil berenang sendiri di tengah kolam pake pelampung tangan sementara ayah-ibunya menunggui di pinggir. Tampaknya bisa dipraktekin ke Raisha nih. dah berani berenang sendiri pake arm-bandsAkhirnya kemaren nemu arm-bands buat 0-3 years di Jusco, jadi langsung aja beli. Raisha sih ga mungkin berenang sendiri di kolam. Dia mah, ibu ke dapur ninggalin dia di kamar aja bisa jerit2 minta ikut. Tp ya lumayan lah bisa ngambang di aer. Awalnya sih emang takut-takut seperti biasa, pegangan kuat-kuat. Lama-lama mau lepas juga pegangannya dengan janji dipegangin. Akhirnya sekali-sekali dilepasin pegangannya, dia ngambang-ngambang aja karena tangan kaki bergerak, kalo dah gitu sih seneng2 aja ketawa sambil bilang, “Kayak Mila.”

7 comments

  1. laras says:

    pinter banget si raisha ini…bisa cepet baca kalau begitu..
    anakku umur 3th 4bl udah bisa baca. Dulu pas masih 2th, aku suka bikin gambar benda trus dibawahnya ditulisan misal gambar gelas bawahnya ditulis gelas, gambar bunga ditulis bunga dan dia akan menyebut seolah-olah seperti membaca. Nah suatu saat aku iseng, gambar kuda dibawahnya aku tulis jaran (bs jawa), didepan sodara2 dia pamer kalau bisa baca……kuda!! padahal tulisannya jaran…:D
    Nggak pengen iseng jugak..? hi..hi..hi..

    Hahaha… iseng amat sih mbak-e… Daku ga bisa gambar sama sekali nih, jadi ga bisa ikutan gambar2 di atasnya trus di bawahnya ditulisin hehehe

  2. Intan says:

    Tuh Raisha udah pinter sikat gigi.. Bravo..

    Iya In, akhirnya… Meni susah pisan tadinya, dikunci rapet mulutnya

  3. Lif says:

    heheheheh, dah pinter sikat gigi sekarang. Nayma dikasih sikat gigi malah digigit2. Tapi kalo dikasih cotton bud, langsung semangat, dipakai buat nyolok ke kupingnya serasa bersihin gitu, tapi kita yang takut, takut kecolok ke lubang kupingnya.

    hihihihi…lucu ya.

    anak2 ga pernah abis lucunya 😀

  4. ndew says:

    dicukur poninya jadi keliatan kayak anak gede.. lucunya…

    iya tuh, perasaan dia tiba2 aja jadi gede 😉

  5. nila says:

    ya alah…Vid…dah lama ga maen kadieu meni sonooooo…raisah beneran ya udah gede…..nungkulan nyalira masih juga yaaa ada yg bikin kita terkaget2…..

    duh kapan ya ghani n aurel bisa main sama raisha?

    big hug buat raisah

    btw…nuhun ya Vid..udah support selama aku semedi…:-)

    hayu atuh ghani n aurel maen ka dieu 🙂
    kapan2 kopdar atuh teh bersama anak2 dan suami tercinta

  6. ime'... says:

    hehehehe… anakmu lucu banget deh, vid. kayak diriku * heh? * kidding kidding.

    ugh… berenang… jadi pengen 😀

    ayo me, berenang, seger… melupakan konflik hehehe…

  7. ninit says:

    raisha pake poni jadi tambah cantik teh 🙂

    hai ninit, apa kabar? udah settle down di Sg? * ga nyambung *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *